ADS

ADS
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72 TAHUN

Naik Betis Saat Bangun Tidur? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Naik Betis Saat Bangun Tidur?????Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Di perkirakan,pasti semua sudah pernah merasakan apa itu "naik betis".keram pada otot di bagian betis biasanya sering terjadi ketika sedang tidur,bangun tidur,maupun berolahraga.Hal tersebut tentu membuat kita tidak nyaman dan seringkali sulit untuk bergerak.

Anda mungkin pernah terbangun di malam hari karena rasa sakit mendadak akibat kram di bagian betisTernyata terdapat banyak alasan mengapa "naik betis"itu kerap sekali terjadi kepada kita.

1. Gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah di kaki terlalu lama (posisi kaki terlipat ketika sedang tidur atau posisi bersila)

2. Kurangnya asupan kalsium dan potassium. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan potassium atau kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar

3. Kelelahan dan dehidrasi (kekurangan cairan)

4. Pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitus.

Untuk menghindari keram pada betis, Anda dapat mencoba untuk olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di betis, lakukan peregangan otot , jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang).

No comments

Powered by Blogger.