ADS

ADS
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72 TAHUN

Peneliti ILS Kembangkan Plester Pintar Pendeteksi Kondisi Luka


Kecoakupdate.com - Para peneliti dari Institute of Life Science (ILS), Swansea University, dilaporkan tengah mengembangkan plester luka pintar. Plester tersebut punya kemampuan untuk memeriksa kondisi pemakainya dan mengirimkan pesan terkait kepada dokter.

Profesor Marc Clement selaku ketua ILS mengatakan bahwa plester tersebut bekerja secara real-time memonitor hal-hal seperti bagaimana kondisi luka, tingkat aktivitas fisik, dan lokasi pasien. Hal tersebut bisa dilakukan karena di dalam plester telah disematkan sensor teknologi nano yang terhubung dengan jaringan internet.

"Jadi luka itu bisa terhubung dengan infrastruktur 5G yang juga terhubung dengan telepon Anda... Seluruh pengetahuan tersebut dikombinasikan sehingga dokter Anda bisa tahu bagaimana kondisi suatu luka dalam suatu waktu spesifik dan bisa merumuskan protokol terapinya," kata Profesor Marc seperti dikutip dari BBC, Senin (17/4/2017).

Profesor Marc mengatakan kadang ketika seseorang sedang sakit atau mengelami kondisi tertentu dirinya mungkin tidak merasa ada keluhan apa-apa. Nah dengan bantuan plester beberapa gejala tersembunyi mungkin dapat diidentifikasi sehingga penanganannya menjadi lebih cepat.

Menurut para peneliti di ILS plester pintar tersebut siap memasuki tahap uji klinis dalam waktu kurang lebih 12 bulan ke depan.

"Apa yang ada di masa depan adalah dunia di mana terapi bisa dicocokkan untuk gaya dan pola hidup tiap individu," pungkas Prof Marc.(fds/jsn/007)

[detik.com]

No comments

Powered by Blogger.