ADS

ADS
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72 TAHUN

Heboh! Munculnya Suara Aneh dari Langit di Berbagai Kota Indonesia

Sepanjang Jumat (9/2) hingga Sabtu (10/2) malam akhir pekan lalu, warga dari berbagai kota menceritakan pengalaman mendengar suara mirip dengung pesawat nyaris selama lima menit.

Banyak keterengan yang mengaku mendengar suara itu, hampir semua keterangan sama. Suaranya mirip dengan pesawat terbang rendah yang ingin mendarat. Tapi, setelah di cek keluar rumah, tidak ada pesawat sama sekali di udara. Bunyi itu berlangsung kurang lebih lima menit.

Video amatir yang tidak dijelaskan lokasinya mengklaim rekaman suara aneh tersebut terdengar dari langit, pada malam 9 Februari lalu. Namun sebagian komentator mengklaim suara dalam rekaman ini agak berbeda dari yang mereka dengar. Selain mirip pesawat bersiap landing, gemuruh dari langit menurut kesaksian warga lebih menyerupai suara mesin gerinda kayu.


Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah menerima laporan adanya suara-suara tersebut di beberapa wilayah Pulau Sumatra dan Jawa. Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin, ketika dihubungi Jawa Pos menyatakan dugaan terbaik untuk saat ini adalah adanya gesekan atmosfer dengan asteroid, walaupun lembaganya belum melihat aktivitas antariksa semacam itu pada momen munculnya suara-suara seperti dilaporkan warga. "Kalau kesaksian dari berbagai wilayah menyebut waktu yang sama, berlangsung beberapa saat, dan biasanya disertai gelombang kejut, ada kemungkinan itu asteroid," ujarnya.

Fenomena suara aneh dari langit pertama kali mencuat di Internet pada 2008, berkat rekaman amatir seorang lelaki asal Belarusia. Setelahnya, bunyi aneh serupa direkam di berbagai negara, mulai dari Kanada, Amerika Serikat, hingga tentu saja Indonesia. Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) ataupun ilmuwan menduga suara tersebut sebetulnya berasal dari frekeunsi infrasonik aktivitas Planet Bumi. Dugaan lainnya adalah bebunyian tadi dipicu oleh gelombang akustik gravitasi, karena terjadi gempa, tsunami, atau badai di wilayah lain.

Barangkali kalau muncul lagi rekaman dan pengakuan yang kembali viral soal bunyi-bunyi aneh dari langit, kalian bakal menyaksikan banyak orang di Indonesia membicarakan tanda-tanda akhir zaman.

No comments

Powered by Blogger.