ADS

ADS
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72 TAHUN

Membangun Infrastruktur di Papua Dapat Mempermudah Atasi Masalah Gizi Buruk!

Membangun Infrastruktur di Papua Dapat Mempermudah Atasi Masalah Gizi Buruk!

Kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk yang terjadi di wilayah paling timur Indonesia. Kepala Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat, Steven Langi mengatakan, pendataan empat tim terpadu penanggulangan campak dan gizi buruk mencatat setidaknya sudah 61 orang tewas.
Dikutip Kompas, ia menyatakan bahwa 59 korban meninggal berasal dari tiga distrik, yakni Fayit, Aswi, dan Pulau Tiga. Tiga korban lain meninggal di Rumah Sakit Agats, ibu kota Kabupaten Asmat.

Menteri Sosial Idrus Marham menilai persoalan utama dalam mengatasi permasalahan gizi buruk dan kesehatan di Asmat, Papua, ialah akses transportasi sebab sebagian besar daerah di sana masih terisolasi.

Karena itu menurut Idrus, proyek infrastruktur berupa pembangunan jalan Trans Papua akan sangat membantu dalam mengatasi persoalan gizi buruk.

"Hampir semua daerah di sana terisolasi tidak terjangkau. Perlu perjuangan. Progres Presiden Jokowi dalam membangun Trans Papua perlu kita pacu sehingga tidak ada daerah terisolasi," kata Idrus di Kompleks Parlemen, Senayan.

Bahkan, kata Idrus, dengan akses jalan yang layak, ke depannya, masyarakat Papua bisa mendapatkan itu semua dengan harga yang lebih murah dan proses yang lebih mudah pula.

Idrus juga bercerita, untuk meninjau daerah Agats di Asmat, dari Timika ditempuh dengan perjalanan menggunakan pesawat kecil.

Selama kepemimpinan Pak Presiden sekarang sudah membangun beribu-ribu kilometer jalan tol, Sementara teman-teman kita di Papua yang membutuhkan fasilitas-fasilitas umum dan kesehatan yang ternyata di sana masih jauh.

Kenapa hanya kota-kota besar yang merasakan fasilitas dan seperti itu? ataukah pemerintah lupa terhadap papua? masalah yang terjadi dipapua bukanlah masalah baru.

No comments

Powered by Blogger.