ADS

ADS
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72 TAHUN

Micin Bikin Bodoh? Ini Fakta Sebenarnya Tentang Micin

Generasi Micin, MSG


Jangan pakai MSG nanti bikin bodoh’. Anggapan itu sudah banyak beredar di masyarakat. Zat aditif di dalam Monosodium Glutamat (MSG) dipercaya dapat merusak otak dan menurunkan kecerdasan. Apakah benar begitu?

Glutamat adalah asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh karena perannya dalam membentuk protein. Selain membantu pengiriman sinyal-sinyal dalam otak, glutamat juga membantu fokus, ingatan, serta konsentrasimu. Glutamat juga memudahkanmu dalam mempelajari hal-hal baru.

Selain itu, glutamat juga sebenarnya adalah penyedap rasa alami. Bahan makanan yang mengandung glutamat akan menyedapkan rasa bahan makanan lain yang dimasak secara bersamaan. Makanan berglutamat ini misalnya saja tomat, jamur, keju, daging dan kecap. Selain itu, glutamat juga diproduksi oleh tubuh kita sendiri, misalnya saja di dalam ASI.

Bedanya glutamat sama MSG itu apa? MSG yang dijual di toko-toko, bahan kimiawi buatan, ‘kan?

MSG adalah garam sodium dari asam glutamat. Memang sih, kristal putih MSG yang dijual sachetan itu pabrikan, tidak alami seperti glutamat dalam tomat atau jamur. Tapi jangan curiga dulu — nggak semua hal yang buatan pabrik itu buruk. Lagipula, tubuh kita sebenarnya tak bisa membedakan yang mana yang glutamat alami dan yang mana yang MSG. Efeknya terhadap tubuh kita sama, begitu pula proses tubuh dalam mencernanya.

MSG diproduksi dari tetes tebu atau tepung tapioka, bukan limbah beracun yang berbahaya. Produksinya sendiri dijalankan melalui fermentasi mikroba. Fermentasi dengan mikroba adalah metode yang umum digunakan untuk mengolah makanan seperti tempe, keju, dan tape. Jadi tenanglah karena dari segi produksi dan bahan baku, MSG itu tidak berbahaya.

Menurut hasil evaluasi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, penelitian yang membuktikan kerusakan otak akibat MSG memiliki beberapa kelemahan, yakni menggunakan subjek tikus atau primata (selain manusia), dalam dosis tinggi yang tidak mungkin terjadi pada manusia. Dan MSG yang diberikan dengan cara disuntikkan, bukan dikonsumsi dari makanan.

Batas maksimal konsumsi MSG yang direkomendasikan WHO adalah 6 gram per hari. Sementara, Menkes RI merekomendasikan batas aman MSG sebanyak 5 gram.

Nah intinya micin itu gk berbahaya dan gk bikin bodoh genk, kalo lo makannya sesuai aturannya mah pasti aman - aman aja. 

No comments

Powered by Blogger.