ADS

ADS
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72 TAHUN

Ini 12 Kiat Sukses Jadi YouTuber di 2017

Ini 12 Kiat Sukses Jadi YouTuber di 2017
Banyak yang nanya, benar nggak sih kalau menjadi seorang YouTuber itu bisa bikin kamu kaya raya? Jawabannya sudah kamu ketahui, itu benar dan sudah banyak buktinya bahkan populer secara instan. Butuh perjuangan dan usaha yang super untuk meraih kesuksesan di dunia Youtube.

Hal tersebut bukan hal yang mudah dan bukan pula hal yang mustahil. Ya, harus dibarengi yang namanya kerja keras dan kreativitas.

Cara Kaya Lewat YouTube


langsung saja nih berikut cara menjadi kaya lewat YouTube. Ini kiat-kiat biar sukses menjadi seorang YouTuber di tahun 2017 dari nol.

Peralatan Wajib Untuk Menjadi YouTuber

1. Kamera

Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai karir menjadi YouTuber dan yang pertama adalah kamera. Motivasi juga penting. Benda yang satu ini wajib dipunya, bebas mau pilih action cam, DSLR, mau pun mirrorless. Harga kamera tersebut bervariatif, mulai dari sejutaan hingga puluhan juta rupiah.

Kalau kamu ingin pakai kamera pro tanpa mikirin budget, pilihlah Blackmagic Cinema Camera. Kamera vlog yang satu ini cocok buat kamu yang butuh video sinematik berkualitas super, dengan range harga antara Rp14-18 juta.

Kamu juga bisa pilih DSLR Canon 70D, dengan layar yang bisa dilipat dan fokus otomatis yang cepat. Tapi kamu harus merogoh kocek sekitar Rp12 jutaan ke atas sih untuk satu unit barunya.
Mau yang lebih murah? Ada Canon Powershot G7X, dengan kualitas audio yang sudah sangat memuaskan. Berada di harga Rp6-7 jutaan, selain spesifikasi yang mumpuni, G7X ini sudah dilengkapi dengan WiFi. Jadi, kamu dapat mudah berbagi file.

Ada Juga Kamera Sony NEX-5 yang mudah diboyong ke mana-mana. Dilengkapi dengan mode intelligent auto yang cukup pintar memilihkan scene yang tepat. Produk second-nya dijual dikisaran harga Rp4-5 jutaan.


2. Microphone

Selain visual, kualitas audio juga sangat penting. Terutama video yang mengutamakan kejelasan narasi, pilihlah microphone yang baik dan berkualitas dan tentunya harga yang terjangkau dengan keuanganmu.

Kamu bisa pilih model condenser microphone, yang biasa digunakan para YouTuber game atau pun studio rekaman musik dan ada juga lavalier alias clip on mic, harganya beragam mulai dari Rp50 ribu hingga jutaan rupiah.


3. Tripod atau Monopod

Kamera stabilizer (Tripod/Monopod) juga tak kalah penting, demi memperoleh kulitas video yang minim guncangan. Sehingga nyaman untuk disaksikan oleh penonton, makanya jangan lupa juga menggunakan tripod atau monopod dan lighting kit agar video lebih stabil.

4. PC / Laptop

Selanjutnya yang harus kamu miliki sebagai YouTuber adalah PC atau laptop untuk mengolah video yang telah kamu ambil. Nah untuk mengedit video dengan nyaman, minimal pilihlah laptop dengan RAM 4 GB dan prosesor quad core supaya kamu nyaman dalam mengedit nya.


Skill YouTuber

Selain alat pendukung di atas, kamu juga harus memiliki sedikit skill. Jangan sampe kamu malu berbicara di depan kamera.

5. Video Editor

Selanjutnya kamu harus punya software edit video dan memiliki sedikit kemampuan dalam mengedit video, walaupun tidak sempurna seperti YouTuber yang sudah ada, dan teruslah berlajar. Karena kualitas dalam mempercantik video merupakan salah satu daya tarik untuk mendapatkan viewers.

Sofware editing video ada yang berbayar dan ada juga yang free alias gratis, yang berbayar tentu memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap. Tapi kamu tidak perlu kuatir, sudah banyak software editing video yang beredar secara gratis di internet. Admin tidak bertanggung jawab atas tindakan tersebut.

6. Buat Channel YouTube dengan Nama Unik

Upload video yang sudah kamu edit ke YouTube. Pastikan kamu sudah punya akun Google. Ya, kamu bisa buat channel YouTube kamu dan yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan namanya.

Nama ini yang akan tampil sebagai identitas kamu sebagai YouTuber. Harus unik, mudah diingat, dan juga mudah diucap.

Motivasi YouTuber

Jika Channel YouTube kamu belum menghasil apapun buat kamu, jangan patah semangat terus berkarya, ciptakan yang beda dari YouTuber lain. Banyak para pemula, kalau jadi YouTuber itu tujuannya hanya untuk mendapatkan uang semata, begitu banyak manfaat yang kamu dapat jika kamu jadi YouTuber, dan itu melebihi berapa banyak uang yang ingin kamu dapatkan.

7. Konsisten Bikin Video yang Berkualitas

Sebagai YouTuber sekarang kamu harus fokus bikin video berkualitas secara konsisten dan kebanyakan orang-orang gagal di sini.

Bagaimana caranya kamu bisa berkembang? Kamu bisa ikut-ikutan buat konsep video dari YouTuber yang sudah terkenal, tapi satu hal yakni video kamu harus lebih bagus dari mereka. Jika tidak bisa bikin video yang lebih keren dari mereka, percuma kamu akan gagal. Inilah kenapa kamu harus bikin konsep video yang baru, celah apa sih yang bisa berpotensi 'meledak' di masa depan.


8. Jangan Lupa Promosi

Salau sudah susah payah membuat video yang berkualitas jangan lupa share ke smua akun sosial media kamu, share ke semua teman, dan keluarga kamu supaya mereka tau karyamu.

Kamu bisa membuat blog atau website untuk saling mendukung satu sama lain agar pengunjung ramai berdatangan. Banyak lagi deh, jangan sungkan untuk belajar bagaimana caranya melakukan promosi yang efektif.

9. Daftar Google Adsense

Setelah semua tahap diatas kamu lakukan dan penonton juga berdatangan dengan promosi yang kamu lakukan. Langkah penting selanjutnya adalah mendaftar Google Adsense, dari sinilah kamu akan mendapatkan rupiah dan kamu akan merasa bersemangat setelah kamu mulai melihat hasil dari kerja kerasmu.

Pembayaran dari Adsense ini bakal kamu terima pada bulan setelah saldo Adsense melampaui US$100 atau sekitar Rp1,3 jutaan. Itu pun dengan syarat bahwa akun Adsense kamu punya reputasi yang baik.

10. Cara Monetasi YouTube

Jika kamu sudah gabung dalam program partner YouTube dan menyiapkan akun Adsense, kamu sekarang bisa mengaktifkan iklan untuk ditampilkan di video kamu sudah yang memenuhi syarat.
Caranya, pastikan video kamu memenuhi kriteria monetisasi video. Tinjau berbagai format iklan YouTube yang tersedia. Kemudia ikuti langkah-langkah mengaktifkan iklan. Kamu dapat memilih untuk mengaktifkan iklan di masing-masing video atau langsung dalam jumlah banyak.


11. Kalian Bisa Jualan Merch

Nah satu lagi poin penting dalam berjualan di YouTube yakni merchandising. Nggak cuma menambah pendapatan, tapi juga cara untuk melibatkan penggemar kamu. Karena penggemar adalah segalanya.

Jadi, bukan hanya secara finansial ya, tapi mereka mewakili kamu lewat eksistensi di dalam komunitas. Merekalah yang mendukung channel kamu dan karena mereka kamu ada.
Tapi sebelum meluncurkan merch, kamu harus pikirkan baik-baik strateginya. Apa yang ingin dijual, bagaimana produksi, dan distribusinya. Serta bagaimana cara mempromosikannya agar lebih melibatkan penggemar. (jalantikus.com)


12. Saran

Banyak yang gagal menjadi YouTube walaupun sudah sekian lama berkiprah dalam dunia Youtube, tahukah kamu orang-orang yang sukses dalam dunia Youtube adalah mereka mau menerima kritikan orang lain, mereka tidak gentar ketika dibully karena karya nya kurang menarik, jika kamu benar serius menjalaninya tetaplah konsisten jangan menyerah dan jangan pernah merasa puas atas apa yang kamu raih.

Jadi, konsistenlah membuat video yang berkualitas. Bikin yagn menarik dan berbeda, serta jangan menyerah. Nah kalau sudah usaha mati-matian, tapi tak diiringi doa itu namanya sombong. Yang terpenting jangan menyerah dan terus berdoa.

Gimana? apakah kamu tertarik ingin jadi YouTuber, jika iya muailah cari motivasi yang bisa membangkitkan gairah kamu dalam berkarya dan tentunya di dukung dengan perangkat-perangkat yang sudah dibahas di atas. (zel)

No comments

Powered by Blogger.